KURIKULUM 2013

           Kemendikbud telah melakukan berbagai langkah untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui Kurikulum 2013. Di antara langkah tersebut adalah menyiapkan buku pegangan untuk siswa dan guru, menyiapkan guru supaya memahami pemanfaatan kurikulum 2013, serta pendalaman dan peluasan materi tentang mata pelajaran.

            Dalam kurikulum 2013  Proses Pembelajaran akan dilakukan secara holistik disesuaikan dengan tahap perkembangan siswa sesuai jenjang sekolah. Perubahan yang cukup besar terjadi di jenjang sekolah dasar karena tidak akan menerapkan sistem mata pelajaran namun akan menerapkan program pembelajaran secara tematik. “Dalam metode pembelajaran tematik tersebut sudah mencakup berbagai mata pelajaran. Siswa diajak untuk mengenal ilmu dasarnya dulu,”

                 Pada tahun Pelajaran 2013/2014, metode pembelajaran tematik ini hanya akan dilakukan untuk siswa kelas 1 dan 4, sedang siswa kelas 2,3,5, dan 6 masih menggunakan kurikulum lama. Buku tematik pembelajaran untuk siswa SD sudah siap namun sedang dalam proses peninjauan oleh tim ahli.

                “Siswa SD yang lulus pada 2015 adalah siswa yang sudah menikmati kurikulum 2013 dengan sistem ujian kompetensi dasar. Ini yang diperlukan untuk siswa SD adalah penguasaan pada kompetensi dasar, tidak hanya pada hasil keluaran tetapi juga proses,” katanya.

Sementara itu, pemberlakuan kurikulum 2013 untuk jenjang SMP dan SMA/SMK akan dimulai untuk siswa kelas 1. “Metode pembelajaran untuk SMP dan SMA/SMK masih sama yaitu berdasarkan pada mata pelajaran,” dalam kurikulum 2013, di jenjang SMA tidak akan ada lagi penjurusan IPA, IPS, atau bahasa melainkan peminatan yang akan dipilih oleh peserta didik. Pemilihan peminatan itu dilakukan saat peserta didik baru mulai masuk sekolah. Pertama masuk mereka akan mendapatkan sembilan mata pelajaran pokok. Kemudian ditambah dengan empat mata pelajaran peminatannya. Kemudian dia diberikan kesempatan untuk memilih dua mata pelajaran berikutnya

Berikut kumpulan lengkap beberapa hal yang berhubungan dengan kurikulum 2013 yang bisa didownload: :

  1. Sosialisasi kurikulum 2013 menteri pendidikan dan kebudayaan
  2. Pengembangan Kurikulum 2013
  3. Kompetensi Dasar SMA

Tinggalkan komentar