KURIKULUM

Bidang kurikulum dan pembelajaran SMA Negeri 1 Wedi

URAIAN TUGAS

 WKS. URUSAN KURIKULUM

 Menyusun Program Kerja Kurikulum

  1. Jadwal kegiatan tahunan, semester, bulanan, dan mingguan
  2. Struktur Program kurikulum dan rincian tugasnya
  3. Pembagian tugas staf kurikulum dan pembagian tugas KBM guru
  4. Pembuatan pembuatan perangkat KBM dan perencanaan workshop guru serta program tindak lanjut siswa
  5. Ulangan semester, Uji Coba UNAS, UNAS, dan Kenaikan kelas
  6. Menyusun Kepanitiaan Ulangan semester, Uji Coba UNAS, UNAS, dan Ulangan kenaikan kelas
  7. Penjurusan kelas X pada akhir tahun pelajaran dan kenaikan kelas XI serta kelulusan kelas XII
  8. Inventarisasi kebutuhan laboratorium dan buku-buku perpustakaan untuk guru
  9. Mengkoordinir staf urusan Kurikulum
  10. Mengkoordinir Perencanaan, Pelaksanaan, Pelaporan KTSP dan  SSN
  11. Mengadakan koordinasi kebutuhan antar WKS, BP/BK, dan koordinator TU   dalam hal :

a. Penyusunan kelas

b. Bimbingan siswa dalam kegiatan OSIS

c. Bimbingan siswa dalam kegiatan, lomba mapel dan olimpiade

d. Informasi kepada oang tua tentang : penjurusan, UAS/UAN, dan SNMPT

12. Merencanakan dan mengusulkan kesejahteraan guru/karyawan (honorarium)

sesuai dengan tugasnya masing-masing secara proporsional

Membuat laporan pelaksanaan tugas kurikulum

  1. Urs. Administrasi KBM dan prestasi siswa
    1. Mendata prestasi siswa untuk pengembangannya dan segala permasalahannya
    2. Mendata nominasi siswa kelas X, XI dan XII dengan segala perubahannya
    3. Mendata dan merencanakan penjurusan kelas X, kenaikan kelas XI dan kelulusan kelas XII dengan segala permasalahannya
    4. Mengurusi raport dan leger
  2. Urs. Perkembangan Pendidikan dan SSN
    1. Merencanakan program workshop guru dan pelaksanaannya
    2. Membuat laporan pelaksanaan workshop secara tertulis kepada Wks. Kurikulum
  3. Urs. Litbang KTSP dan KKM
    1. Urusan pencapaian KKM secara periodik di sampaikan pada guru
    2. Memprogram supervisi guru dan perangkatnya (blangko supervisi dan penilaian supervisi sesuai jadwal)
    3. Memprogram terbentuknya Litbang (Mat, Bahasa, IPA, IPS)
  4. Urs. Tutor dan Prog. Tindak Lanjut
    1. Menyusun Program Ekstra Kurikuler Akademik
    2. Membuat jadwal kegiatan ektrakurikuler akademik
    3. Memantau pelaksanaan ekstra kurikuler melalui jurnal ekstrakurikuler akademik dan absensi siswa
    4. Menyusun anggaran ekstrakurikuler akademik
    5. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepala sekolah melalui Wks Kurikulum
    6. Merencanakan studi banding guru beserta anggarannya
  5. Koordinator wali-wali kelas :

Mengkoordinir pelaksanaan tugas wali kelas

Tugas Wali Kelas

    1. Wali Kelas bertanggung jawab terlaksananya 5 K di kelasnya
    2. Melaksanakan 12 langkah wali kelas
    3. Melaksanakan administrasi pendidikan di kelasnya : leger buku raport, data pribadi siswa, dan dana persiapan UNAS
    4. Memantau pelaksanaan KBM melalui jurnal kelas dan kehadiran siswa melalui absensi siswa
    5. Koordinasi dengan guru BK atau melapor kepada Kepala Sekolah jika terdapat siswa yang terlalu indisiplioner
    6. Membuat peta dan pelacakan kerawanan kelas
    7. Mengingatkan siswa untuk memenuhi kewajiban keuangan
    8. Memantau pelaksanaan ekstrakurikuler melalui Jurnal Kelas dan Absensi Siswa
    9. Melapor kepada Kepala Sekolah melalui WKS Kurikulum apabila terjadi kejanggalan dalam melaksanakan tugas
    10. Melaksanakan 12 (dua belas) Langkah wali kelas :

1. Tahun tugas pokoknya

a. Mewakili orang tua dan Kepala Sekolah

b. Membina kepribadian dan budi pekerti siswanya

c. Membantu pengembangan dan kecerdasan siswanya

d. Membantu pengembangan dan ketrampilan siswanya

e. Menempatkan siswa sebagai insan hamba Tuhan

2. Tahu jumlah anak didiknya

3. Tahu kepribadian anak didiknya atas dasar Kartu Pribadi

4. Tahu nama anak didiknya

5. Memperhatikan kehadiran anak didiknya

6. Memperhatikan masalah anak didiknya

7. Menilai kelakuan, kerajinan anak didiknya

8. Mengambil tindakan masalah anak didiknya

9. Memperhatikan nilai kenaikan kelas dan UNAS anak didiknya

10. Memperhatikan kesejahteraan kesehatan anak didiknya

11. Membina / mewujudkan kekeluargaan anak didiknya

12. Menyiapkan laporan kepada Kepala Sekolah

  1. Koordinator Pelaksanaan MGMP Sekolah
    1. Merencakan program MGMP di sekolah beserta waktu, kegiatan dan anggarannya
    2. Mengatur pembagian tugas mengajar pada kelompoknya dan mengkonsultasikan kepada Kepala Sekolah dan Wks. Kurikulum
    3. Mengkoordinasi penyusunan perangkat KBM, Buku Nilai, dan menyerahkan kepada Urusan Kurikulum
    4. Menginformasukan hasil-hasil penataran kepada teman-teman guru serumpun mata pelajaran

  1. Koordinator perpustakaan dan Laboratorium
    1. Menginventarisasi peralatan/perlengkapan laboratorium dan mengajukan kebutuhan tambahan peralatan/perlengkapan
    2. Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan laboratorium
    3. Mengatur tata ruang dan menjaga keamanan, kebersihan, dan ketertiban
    4. Mengkoordinasi penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium dan pemakaian bahan habis pakai.

a. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan ( KTSP )

1). Sekolah menyusun kurikulum KTSP.

2). Dalam menyusun KTSP harus memperhatikan standart kompetensi lulusan, standart isi dan peraturan pelaksanaanya.

3). KTSP dikembangkan sesuai dengan kondisi sekolah, potensi atau karakteristik daerah, sosial, budaya masyarakat setempat dan peserta didik.

4). Kepala sekolah bertanggung jawab atas tersusunnya KTSP.

5). Wakil kepala sekolah bidang kurikulum bertanggung jawab atas pelaksananaan  penyusunan  KTSP.

6). Setiap guru bertanggung jawab menyusun silabus mata pelajaran yang diampunya sesuai dengan standart isi, standar kompetensi lulusan, dan panduan penyusunan KTSP.

7). Dalam menyusun silabus guru dapat bekerja sama dengan kelompok kerja guru ( KKG ), musyawah guru mata pelajaran ( MGMP ), lembaga penjamin mutu pendidikan ( LPMP ), atau dengan pergurunan tinggi.

8). Penyusunan KTSP tingkat SMA oleh dinas pendidikan Provinsi yang bertanggung jawab dibidang pendidikan.

b.   Kalender Pendidikan

1). Sekolah menyusun kalender pendidikan / akademik yang meliputi jadwal pelajaran, ulangan, ujian, kegiatan ekstrakurikuler dan hari-hari libur.

2).  Penyusunan kalender akademik / pendidikan  :

a).  Didasarkan pada standar isi

b). Bemengenai pelaksanaan aktivitas sekolah selama satui tahun dan dirinci  secara

semesteran, bulanan dan atau mingguan.

c).  Diputuskan dalam rapat dewan guru dan ditetapkan oleh kepala sekolah.

3).   Sekolah menyusun jadwal penyusunan KTSP

4). Sekolah menyusun matapelajaran yang dijadwalkan pada setiap semester ( semester gasal dan semester genap ).

c. Program Pembelajaran

1). Sekolah menjamin mutu kegiatan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dan program pendidikan tambahan yang dipilihnya.

2). Kegiatan pembelajaran didasarkan pada standart kompetensi kelulusan ( SKL ), standart isi ( SI ), dan peraturan pelaksanaan, serta standart proses  dan standart penilaian.

3). Mutu pembelajaran disekolah dikembangkan dengan :

a).  Model kegiatan mengacu pada standart proses.

b). Melibatkan peserta didik secara aktif, demokratis, mendidik, memotivasi,

mendorong kreatifitas dan dialogis.

c). tujuan agar peserta didik mencapai pola pikir dan kebebasan berfikir  sehingga

dapat melaksanakan aktivitas intelektual yang berupa berfikir, berargumentasi,

mempertanyakan, mengkaji, menemukan dan memprediksi.

d). pemahaman bahwa keterlibatan peserta didik secara aktifdalam proses belajar

yang dilakukan secara sungguh – sungguh dan mendalam untuk mencapai

pemahaman konsep, tidak terbatas pada materi yang diberikan oleh guru.

4). Setiap guru bertanggung jawab terhadap mutu perencanaan kegiatan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran yang diampunya agar peserta didik mampu :

a). Meningkatkan rasa ingin tahu

b). Mencapai keberhasilan belajarnya secara konsisten sesuai dengan tujuan

pendidikan.

c). Memahamai perkembangan pengetahuan dengan kemampuan mencari sumber

informasi.

d). Mengolah informasi menjadi pengetahuan

e). menggunakan ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan masalah.

f). Mengkomunikasikan ilmu pengetahuan kepada pihak lain.

g). Mengembangkan belajar mandiri dan kelompok dengan porsi yang wajar.

5). Kepala sekolah bertanggung jawab terhadap kegiatan pembelajaran sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

6). Kepala sekolah dan wakasek bidang kurikulum bertanggung jawab terhadap mutu kegiatan pembelajaran.

7). Setiap guru bertanggung jawab terhadap mutu kegiatan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran yang diampunya dengan cara :

a).   Merujuk metode pembelajaran secara mutakhir.

b). Menggunakan metoda pembelajaran yang bervariasi, inovatif dan tepat untuk

mencapai tujuan pembelajaran.

c). Menggunakan fasilitas, peralatan, dan alat bantu yang tersedia secara efektif dan

efisien.

d). Memperhatikan sifat alamiah kurikulum, kemampuan peserta didik, dan

pengalaman belajar sebelumnya yang bervariasi serta kebutuhan khusus bagi

peserta didik dari yang mapu belajar secara cepat sampai yang lambat.

e). Memperkaya kegiatan pembelajaran melalui lintas kurikulum, hasil – hasil

penelitian dan penerapannya.

f). Mengarahkan pada pendekatan kompetensi agar dapat menghasilkan lulusan yang

mudah beradaptasi, memiliki motivasi, kreatif, mandiri, mempunyai etos kerja yang

tinggi, memahami belajar seumur hidup ( life long education ), dan berfikir logis

dalam menyelesaian masalah.

d. Penilaian Hasil Belajar Pesert Didik

1). Sekolah menyusun program penilaian hasil belajar yang berkeadilan, bertanggung jawab dan berkesinambungan.

2). Penyusunan program penilaian hasil belajar didasarkan pada standart penilaian pendidikan.

3). Sekolah menilai hasil belajar untuk seluruh kelompok mata pelajaran, dan membuat catatan keseluruhan yang direncanakan, laporan kepada pihak yang memerlukan, pertimbangan kenaikan kelas atau kelulusan, dan dokumentasi.

4). Seluruh program penilaian hasil belajar disosialisasikan kepada guru.

5).   Penilaian hasil belajar perlu ditinjau secara pereodik, berdasarkan data kegagalan / kendala pelaksanaan program termasuk temuan penguji eksternal dalam rangka mendapatkan rencana penilaian  yang lebih adil dan bertanggung jawab.

6).   Sekolah menetapkan prosedur yang mengatur transparansi sistem evaluasi hasil belejar  untuk penilaian formal yang berkelanjutan.

7).     Semua guru mengembalikan hasil kerja siswa  yang telah dinilai.

8).   Sekoah menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional yang mengatur mekanisme penyampaian ketidak puasan peserta didik dan penyelesaiaanya mengenai penilaian hasil belajar.

9).      Penilaian meliputi semua kompetensi dan materi yang diajarkan.

10).  Seperangkat metode penilaian  perlu disiapkan dan digunakan secara terencana untuk tujuan diagnostik, formatif dan sumatif sesuai dengan metode / strategi pembelajaran yang digunakan.

11).  Sekolah menyusun ketentuan pelaksanaan penilaian hasil belajar sesuai dengan standar penilaian pendidikan.

12). Kemajuan yang dicapai peserta didik dipantau, didokumentasikan secara sistematik dan digunakan sebagai balikan kepada peserta didik untuk perbaikan secara berkala.

13). Penilaian yang didokumentasikan disertai bukti kesahian, keandalan, dan dievaluasi secara pereodik untuik perbaikan metode penilaian.

14).  Sekolah melaporkan hasil belajar kepada orang tua peserta didik, komite sekolah, dan institusi atasanya.

e. Peraturan Akademik

1). Sekolah menyusun dan menetapkan peraturan akademik

2). Peraturan akademik berisi :

a). Persyaratan minmal keahlian siswa untuk mengikuti pelajaran dan tugas dari guru.

b). Ketentuan mengenai ulangan, remidiasi, ujian, kenaikan kelas dan kelulusan.

c).Ketentuan mengenai hak siswa untuk menggunakan fasilitas belajar,  laboratorium, perpustakaan, penggunaan buku pelajaran, buku referensi, dan buku perpustakaan.

d). Ketentuan mengenai layanan konsultasi kepada guru mata pelajaran, wali kelas, dan konselor.

3). Peraturan akademik diputuskan oleh rapat dewan guru dan ditetapkan oleh kepala sekolah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s