PENDIDIK dan TENAGA KEPENDIDIKAN

Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMA Negeri 1 Wedi.

a. Sekolah menyusun program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Negeri 1 Wedi.

b. Program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan

1). Disusn dengan memperhatikan standart pendidik dan tenaga kependidikan.

2). Dikembangkan sesuai kondisi sekolah termasuk pembagian tugas, mengatasi masalah bila terjadi kekurangan tenaga, menentukan sistem penghargaan, dan pengembangan profesi bagi setiap pendidik dan tenaga kependidikan serta menerapkannya secara profesional, adil dan terbuka.

c.   Pengangkatan pendidik dan tenaga kependidikan tambahan dilaksanakan berdasarkan ketentuan yang berlaku yang ditetapkan oleh penyelenggara pendidikan.

d.   Sekolah perlu mendukung upaya :

1). Promosi pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan asas kemanfaatan, kepatutan, dan profesionalisme.

2). Pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan yang diidentifikasikan secara sistematis sesuai dengan aspirasi individu, kebutuhan kurikulum dan sekolah.

3). Penempatan tenaga kependidikan disesuaikan dengan kebutuhan baik jumlah maupun kualifikasinya dengan menetapkan prioritas.

4). Mutasi tenaga kependidikan dari satu posisi ke posisi lainnya didasarkan pada analisis jabatan dengan diikuti orientasi tugas oleh pimpionan tertinggi  sekolah yang dilakukan setelah 4 tahun, tetapi bisa diperpanjang berdasarkan alasan yang dapat dipertanggung jawabkan, sedang untuk tenaga kependidikan tambahan tidak ada mutasi.

e.   Sekolah mendayagunakan :

1). Wakil kepala sekolah bidang kurikulum melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola bidang kurikulum.

2). Wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sara prasarana.

3). Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan melaksanakan tugas dan tanggung  jawabnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola peserta didik.

4). Wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat melaksanakan tugasnya dan tanggung jawabnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola kemitraan dengan masyarakat dan dunia usaha dan dunia industri.

5). Guru melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai agen pembelajaran memotivasi, memfasilitasi, mendidik, membimbing dan melatih peserta didik menjadi manusia berkualitas dan mapu mengaktualisasikan potensi kemanusiaanya secara optimum.

6). Konselor melaksanakan tugasnya dan bertanggumng jawab dalam memberikan bimbingan dan konseling kepada peserta didik.

7). Pelatih / instruktur melaksanakan tugas dan tanggumng jawabnya memberikan pelatihan kepada peserta didik pada kegiatan pelatihan.

8). Tenaga perpustakaan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya melakukan pengelolaan sumber belajar diperpustakaan.

9). Tenaga laboratorium melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya membantu guru mengelola kegiatan praktikum.

10). Tehnisi sumber belajar melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya mempersiapkan merawat, memperbaiki sarana prasarana pembelajaran.

11). Tenaga administrasi melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya menyelenggarakan pelayanan administrasi.

12). Tenaga kebersihan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam memberikan layanan kebersihan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s